Rabu, 14 Juli 2010

Agar Rambut Sehat


Kesehatan rambut merupakan hal yang sangat penting dan berharga tidak hanya bagi wanita, tapi juga bagi pria. Beberapa masalah kerusakan rambut seperti rambut rontok, rambut kusam, rambut patah, rambut tipis, sebagian besar disebabkan karena kondisi rambut yang tidak sehat. Banyak cara perawatan rambut yang ditawarkan kepada kita untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan rambut yang sehat :
    Keringkan dengan hati-hati.
    Mengeringkan dengan handuk bisa menyebabkan kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikel, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu, tetapi berharga untuk rambut Anda. Pengeringan dan tindakan blow juga dapat membuat rambut dan kulit kepala sangat kering. Untuk mencegahnya, semprot rambut dengan thermal styling atau bahan antikusut. Ini akan membuat rambut lebih mudah disisir dan melindungi rambut dari panas yang merusak. Lalu rambut bisa dikeringkan dengan alat pengering. Beri jarak 15-20 cm antara pengering dan rambut, dan gerakkan dengan lembut dari satu sisi ke sisi lain. Kalau bisa sih, jangan gunakan pengering sama sekali. Biarkan rambut kering secara alami.

    Gunakan sisir yang tepat.
    Untuk menyisir rambut yang basah gunakan lah sisir yang bergigi jarang, ini untuk meminilisasi kerontokan rambut.

    Hindari zat kimia
    Berulangkali mewarnai rambut justru akan merusaknya. Cat rambut bisa bertindak kasar pada rambut dan kulit kepala Anda.

    Jangan terlalu sering berenang
    Air kolam renang mengandung zat kimia yang dapat membuat rambut kering, rusak, dan kusam. Untuk meminimalkan kerusakan akibat klorin itu, basahi rambut dengan air bersih dari kran sebelum mencebur ke kolam. Ini dapat membantu mencegah rambut tidak menyerap air kolam. Atau bawalah botol spray yang sudah diisi campuran air bersih dan sesendok makan kondisioner. Sebelum masuk kedalan kolam, basahi dulu rambut dengan campuran ini, untuk mencegah rambut rusak, kering, dan kusam.

    Hindari sinar matahari
    Sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan rambut. Rambut akan kusam, dan kering. Maka dari itu sangt dianjurkan memakai pelindung kepala saat berada diluar ruangan, topi atau payung bisa menjadi alternatifnya.

    Konsumsi air putih dan sayuran hijau
    Pola makan bergizi juga penting untuk menjamin pemenuhan gizi tepat untuk kesehatan rambut.
    Beberapa zat gizi yang penting diperhatikan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, antara lain adalah protein, vitamin A, vitamin B kompleks (vitamin B2, vitamin B6, Vitamin B12, biotin, asam folat), zink, zat besi, copper, iodine, dan inositol. Vitamin dapat membantu menjaga kesuburan rambut, seperti halnya vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, vitamin B kompleks untuk menjaga kesehatan dan kelembaban rambut, serta vitamin B kompleks yang konon mampu menghambat pertumbuhan uban.Perbanyak juga konsumsi air putih minimal 2 liter per hari untuk membantu proses penundaan kerusakan rambut.

    Tidak ada komentar:


    By Ernita e C�Ernita blog