Kamis, 15 Juli 2010

ALPUKAT


Kita semua pasti mengenal alpukat, buah yang dagingnya hijau lunak mmm...tapi ada juga yang kuning, dengan rasa yang yummy .. hmmmm buah yang satu ini memang pas untuk segala hidangan sehat sehari-hari. Bukan hanya untuk jus, campuran es campur, puding namun ia bisa juga untuk campuran salad. Dimakan langsung pun juga OK.

Tapi kalian tau gak seehh... ternyata banyak banget loh kandungan dalam buah alpukat.
Kandungan dan manfaat buah alpukat antarannya:
  1. Omega-9, yang mampu menurunkan kelebihan “kolesterol jahat” LDL secara efektif.
  2. Vitamin A dan Vitamin E, yang termasuk anti oksidan untuk mengatasi Kanker, anti keriput kulit dan awet muda.
  3. Vitamin B6 yang tergolong vit. B kompleks, penting untuk mengontrol fungsi sistem saraf. Kekurangan vit. B6 pada Ibu hamil trimester I sering menyebabkan rasa mual dan muntah-muntah hebat.
  4. Zat Besi dan Tembaga, dapat mengatasi kekurangan darah ( Hb rendah ).
  5. Mineral Magnesium dan Kalsium, dapat membantu menjada kesehatan Tulang.
  6. Mineral Kalium, dapat meredakan Tekanan Draah Tinggi, mengontrol debaran jantung dan menjaga Kesehatan Sistem saraf.
  7. Asam Folat, untuk pertumbuhan sel Otak Janin.
  8. Glutation, termasuk antioksidan yang dapat mengusir Kanker dan serangan Jantung.
  9. Beta-sitosterol, yang dapat menormalkan “kolesterol jahat” ( LDL, Low Density Lipoprotein ), Trigliseride dan Total Lemak darah.
Alpukat tidak bikin gemuk

Banyak orang masih sering salah sangka dengan kandungan gizi alpukat, lantaran sangat berlemak. Alpukat memang memilkiki kadar lemak tinggi diantara semua jenis buah-buahan. Namun total kalorinya tidaklah tinggi karena kandungan karbohidratnya terbatas. Lemak alpukaaat termasuk lemak tak jenuh tunggal, sehingga tidak akan menyebabkan naiknya berat badan. Jadi janganlah takutgemuk jika anda sering mengkonsumsi alpukat :)

Tau gak sii..selain buahnya yang enak dimakan, ternyata daun buah alpukat juga dapat dijadikan ramuan obat. Diantaranya :

1. Batu Ginjal
Ambil tujuh helai daun alpukat segar, seduh dengan setengah gelas air panas. Minum dua kali sehari pagi dan sore, hingga batu ginjal keluar.

2. Sakit Pinggang
Lima helai daun alpukat direbus dengan dua gelas air sampai airnya tinggal segelas. Setelah diangkat, embunkan air tersebut semalam. Esok pagi baru diminum, lakukan hal ini selama seminggu.

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog