Jumat, 23 Juli 2010

CEKER AYAM


Ceker ayam, ya...mendengar kata itu pastilah orang tidak asing lagi. Bahkan orang Indonesia khususnya boleh dibilang kenyang dengan yang namanya makan ceker ayam. Konon katanya jika banyak makan ceker ayam maka kaki kita akan kuat...mitos atau ng'gaknya si belum tau, tapi yang pasti dan bukan merupakan mitos ternyata ceker ayam mempunyai banyak kandungan yang banyak bermanfaat bagi tubuh manusia.

Kita ulas sama-sama yuk...

Ceker ayam mengandung protein yang tardapat pada kulit, otot, tulang dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening berwarna kekuning-kuningan.

Kolagen juga berguna untuk mempercepat pemulihan jaringan yang luka atau cedera, melindungi jaringan dari cedera kambuhan. Tidak hanya itu, ceker ayam juga bisa mencegah keropos tulang (osteoporosis).

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana ceker ayam bisa berpengaruh dengan penyakit osteoporosis?. Di dalam tubuh kita terdapat dua macam antigen, yaitu antigen asing dan antigen diri, setiap antigen bisa bersifat antigenik dan imunogenik. Antigen imunogenik selain mampu berikatan dengan antibodi spesifik, juga mampu menghasilkan antibodi spesifik terhadap antigen.

Antibodi terhadap antigen imunogenik inilah yang perlu dirangsang untuk mencegah keroposnya tulang. Dan antigen imunogenik dapat ditemukan di dalam kolagen yang tardapat pada ceker ayam.

Tentunya kita tidak menginginkan tulang kita keropos. Untuk itu kita harus menjaga serta menaruh perhatian lebih terhadap tulang belulang kita sejak dini, karena masa-masa kritis pembentukan tulang adalah sejak kanak-kanak, remaja hingga berumur 30 tahun. Dan disadari atau tidak, ceker ayam turut berperan penting dalam mencegah terjadinya keropos tulang karena ceker ayam sangat kaya dengan nutrisi-nutrisi yang berfungsi untuk menjaga kinerja tulang dalam tubuh kita.

Nah sudah tau kan tentang ceker ayam, jadi jangan sungkan-sungkan ya untuk mengkonsumsi ceker ayam. Karna tak sedikit orang yang enggan atau jijik untuk mengkonsumsi ceker. Harapan dengan adanya artikel ini orang-orang yang jijik megkonsumsi ceker ayam bisa mulai mengkonsumsinya, karna ternyata ceker ayam mengandung zat-zat yang berguana kan..? :)

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog