Rabu, 21 Juli 2010

PARE


Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini..? ya...buah pare namanya. Buah yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau ini mempunyai cita rasa yang pahit. Banyak orang yang tak menyukai pare karena rasanya itu. Pare mempunyai pohon yang merambat dengan tumbuh banyak sulur.

Tapi siapa menyangka pare yang bercitarasa pahit ini mempunyai segudang manfaat.
Berikut beberapa manfaat pare untuk penyembuhan penyakit :
Sariawan
Parut buah pare yang telah dibuang bijinya. Peras hasil parutan dengan selembar kain, tambahkan sedikit gula pada air perasan lalu minum.
Bisul dan Abses
Ambil segenggam daun pare, cuci lalu rebus bersama tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Dinginkan lalu minum hingga sembuh.

Batuk
Gunakan segenggam daun pare, cuci lalu giling hingga halus. Tambahkan 3/4 cangkir air masak dan sedikit garam, aduk rata lalu saring. Minum dua kali sehari.

Memperlancar ASI
Giling daun pare hingga halus lalu balurkan di sekitar payudara.

Cacingan
Untuk mengatasi cacingan pada anak, seduh tujuh gram daun pare dengan air panas, dinginkan lalu saring air rebusannya. Tambahkan satu sendok teh madu, aduk lalu minum sebelum sarapan.

Eksim Basah
Oleskan daun pare kering yang telah digiling hingga menjadi serbuk dengan ditambah sedikit minyak kelapa.

Wasir
Giling halus buah pare hingga berbentuk salep, lalu oleskan pada wasir.

Nah...banyak bangetkan penyakit yang bisa disembuhkan dengan pare. Sekarang mulailah mencoba untuk banyak mengkonsumsi pare manfaatnya gak sepahir rasanya kok :)

Nb : Mengurangi rasa pahit pare
Iris tipis-tipis pare tapi jangan lupa bijinya dibuang kemudian pare yang sudah di iris tipis diberi garam dan diremas-remas, setelah itu cuci dengan air bersih (cuci dengan air ulangi 2x)

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog