Rabu, 14 Juli 2010

STRAWBERRY


TAHUKAH Anda kenapa strawberry dijadikan sebagai lambang cinta pada zaman Yunani kuno? Apakah karena bentuknya yang seperti hati? Ternyata bukan. Strawberry dijadikan lambang cinta oleh orang Yunani kuno karena warna, rasa dan manfaatnya bagi manusia, terutama untuk kecantikan dan kesehatan.

Buah berwarna merah dengan bintik-bintik ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat. Strawberry (Fragaria spp) sangat kaya akan nutrisi, setiap 100 g strawberry mengandung seperti protein 0.8 g, lemak 0.5 g, karbohidrat 8 g dan energi 37 kkal. Sedangkan mineral potensial terkandung kalsium 28 mg , fosfor 27 mg, zat besi 0,8, magnesium 10 mg, potassium 27 mg, selenium 0,7 mg, vitamin A 60 SI, vitamin C 0,03 mg dan asam folat 17,7 mcg asam folat yang penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin. Dan kalo melihat kandungan zat dalam buah yang bercita rasa manis agak masam ini, tentunya akan dihasilkan pula manfaat yang tidak ternilai, antara lain:

1. Mencegah kanker

Buah mungil berwarna merah ini mempunyai Antioksidan yang merupakan senyawa yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh bahan-bahan penimbul kanker. Cara bekerja anti oksidan, dengan mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker. Baik zat-zat tertentu dalam stroberi maupun stroberi nya sendiri ternyata punya sifat anti kanker. Menurut American Cancer Society, vitamin C di dalam strawberry (sekitar 94 miligram vitamin C atau 1,5 kebutuhan vitamin C harian) dapat menurunkan risiko kanker saluran pencernaan. Bahkan kandunagan vitamin C yang ada pada buah Strawberry lebih banyak dibanding 1 buah jeruk orange. Beberapa senyawa fitokimia yang terdapat pada buah Strawberry adalah diantaranya antosianin, asam ellagik,katekin, kuaerferin dan kaemferol.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi);
Antosianin tergolong dalam komponen flavonoid. Senyawa ini merupakan pigmen pemberi warna merah pada Strawberry. Anthocyanin memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah serta melindungi terhadap masalah-masalah yang disebabkan oleh diabetes. Selain itu, potassium di dalamnya merupakan salah satu mineral yang disarankan untuk ada dalam pola menu orang yang ingin menurunkan tekanan darah.

3. Memperlancar aliran darah di dalam tubuh
Termasuk organ seksual yang menjadikan kualitas hubungan seksual menjadi lebih baik. Maka tak ayal ada yang menyebut bahwa buah strawberry adalah buah symbol cinta (khususnya bagi pasangan suami istri)
4. Menjaga stamina tubuh.

Dengan kandungan antianaemic dan reconstituent yang terdapat dalam buah strawberry. Selain zat gizi, Strawberry juga mengandung senyawa fitokimia yang disebut etlagic acid, yaitu suatu persenyawaan fenol yang berpotensi sebagai antikarsinogen dan antimutagen. Senyawa karsinogen yang memicu timbulnya kanker tersebar luas di lingkungan kita. Senyawa fitikomia ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan berguna sebagai anti virus.

Selain banyak manfaat yang terkandung dalam buah strawberry, terdapat beberapa khasiat penting yang terkandung dalam buah strawberry, antara lain:
  • Khasiat Strawberry tidak akan berubah, meski sudah diolah menjadi jus, kue, ataupun selai.
  • Vitamin C dalam buah strawberry aman untuk lambung, so buat yang punya maag gak perlu khawatir mengkonsumsi buah strawberry.
  • Mengonsumsi satu cangkir Strawberry setiap hari bisa menurunkan resiko berbagai jenis kanker.
  • Strawberry berkhasiat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih.
  • Stroberi Strawberry bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami. Hampir semua obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat yang banyak dikandung Strawberry. Karena itu, penggunaan masker stroberi sangat bermanfaat. Caranya : Haluskan Strawberry, campur dengan sedikit yogurth, oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Stroberi Strawberry juga berguna untuk memutihkan gigi. Dari pada menggunakan bahan kimia sebagai pemutih, lebih baik anda mengunyah stroberi setiap hari. Selain gigi menjadi putih, bau mulut pun akan hilang.
  • Kandungan Strawberry juga bermanfaat untuk haluskan kulit tubuh, karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Cobalah berendam dalam potongan buah Strawberry, campur susu dan minyak zaitun. Gosok ke seluruh badan anda, lihat hasilnya. Jika rutin dilakukan, kulit akan menjadi lebih halus, tidak kusam, dan tumit kaki tidak akan pecah-pecah.

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog