Rabu, 28 Juli 2010

DAUN BAWANG


Daun bawang merupakan salah satu bahan sayuran yang sering dipergunakan untuk bahan penyedap masakan. Daun bawang pun menjadi salah satu bahan untuk membuat kaldu ayam atau sapi yang top abis... Bahkan suami saya pun salah satu penggemar daun bawang. Kalau makan mie ayam pasti dweh... daun bawangnya sampe menggunung, heheh

Lihat dulu yak apa saja sih..yang ada dalam daun bawang :

Kandungan dan sifat
Daun dan umbi bawang daun mengandung saponin, tanin serta daunnya juga mengandung minyak atsiri. Berkhasiat diuretic, diaforetik dan antiradang.Namun selain sedap untuk makanan, ternyata daun bawang bisa juga digunakan sebagai obat beberapa penyakit.

Berikut beberapa penyakit yang InsyaAllah bisa disembuhkan dengan ramuan daun bawang :

Gigitan serangga
Potong-potong bawang daun, gunakan sebagai obat luar yang ditempelkan pada bagian tubuh yang disengat lebah, gigitan serangga atau gatal berbintik-bintik merah.

Perut kembung
Cuci sekitar 15 gr bawang daun segar, potong-potong seperlunya. Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit sampai air tinggal 1 gelas. Dinginkan, saring lalu diminum.

Bengkak dan bisul
Ambil beberapa helai bawang daun, campur dengan sedikit air remas-remas sampai lembut. Tempelkan remasan itu pada bisul atau bagian tubuh yang bengkak.

Batuk, flu
Buatlah jus dari 4 batang bawang daun ukuran besar ditambah 1 liter air panas. Saring, lalu minumlah.

Sesak napas karena flu
Masukkan rajangan daun bawang mentah ke dalam wadah dan campur dengan air panas. Kemudian hiruplah uapnya. Lakukan hal ini beberapa kali sampai hidung terasa lega.

Nyeri sendi
Seduhlah kulit luar bawang daun yang sudah dibersihkan secukupnya. Buatlah semacam teh hangat yang akan memperbaiki sirkulasi darah, khususnya untuk kasus nyeri sendi.

Mengetahui ternyata daun bawang mempunyai danyak manfaat, saya tak akn lagi melarang suami makan banyak daun bawang :)

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog