Kamis, 29 Juli 2010

BAYAM


Siapa yang tahu bayam? pasti sudah tau semua khan. Sayuran satu ini juga menjadi makanan faforit Popeye. Dalam cerita kartun Popeye bayam nerguna untuk menambah kekuatan. Secara umum, tanaman bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri. Bayam termasuk sayuran berserat yang dapat digunakan untuk memperlancar proses buang air besar. Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol darah tinggi, dan menurunkan berat badan.

Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro).
Kalau dia terlalu lama kontak dengan O2 (oksigen dari udara), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah ferro. Sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. Jadi, jika bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut. Maka dari itu kita tidak diperbolehkan untuk memanaskan kembali sayur bayam.

Tips Tentang Bayam :

Jangan pernah mengonsumsi bayam lebih dari 6 jam
Bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia.

Jangan masak bayam pake panci alumunium
Memasak bayam menggunakan panci alumunium dapat menimbulkan reaksi zat besi yang ada di bayam, dan menjadi racun.

Cara mengkonsumsi bayam
  • Pilih bayam yang baru dipetik dan masih segar
  • Hendaknya langsung diolah setelah mendapatkan bayam segar
  • Jangan terlalu lama disimpan dalam lemari es

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog