Rabu, 09 Februari 2011

BERAS ( NASI )


Beras adalah bulir-bulir padi yang sudah bersih dari kotoran (sekam). Yang kemudian beras dimasak/dinanak sehingga menjadi nasi. Beras (nasi) menjadi salah satu makanan pokok yang paling banyak oleh penduduk seluruh dunia. Beras (nasi) sebagai bahan pangan pokok bagi sekitar 90 persen penduduk Indonesia, beras menyumbang antara 40-80 persen protein.

Selain digunakan sebagai makanan pokok, beras juga bisa diolah menjadi bahan atau makanan lain, misalnya tepung beras yang biasa digunakan untuk membuat aneka makanan, misalnya kue.
Beberapa jenis beras mengeluarkan aroma wangi bila ditanak (misalnya 'Cianjur Pandanwangi' atau 'Rajalele'). Bau ini disebabkan beras melepaskan senyawa aromatik yang memberikan efek wangi.

Macan dan Warna Beras :
  • Beras "biasa" yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
  • Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
  • Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
  • Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
  • Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.



Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog