Sabtu, 19 Februari 2011

MELINJO


Saat mendengar atau melihat melinjo pasti pikiran kita tertuju pada salah satu camilan yang namanya emping melinjo. Ya...emping melinjo sendiri memang dibuat dari biji melinjo yang dipipihkan hingga tipis. Selain biji melinjo kulit dan daun melinjo muda juga sering diolah menjadi aneka makanan, misalnya sayur asem, oseng-oseng, bahkan keripik kulit melinjo.

Kandungan Nutrisi Melinjo
Penelitian yang sudah dilakukan pada melinjo menujukkan bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan. Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9-10 persen dalam tiap biji melinjo. Protein utamanya berukuran 30 kilo Dalton yang amat efektif untuk menghabisi radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Selain itu melinjo juga merupakan antimikroba alami. Itu artinya protein melinjo juga bisa dipakai sebagai pengawet alami makanan sekaligus obat baru untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Peptida yang diisolasi dari biji melinjo diindikasikan punya potensi aktif menghambat beberapa jenis bakteri gram positif dan negatif.

Melinjo Membuat Asam Urat Naik
Banyak yang bercerita bahkan percaya memakan melinjo membuat asam urat naik. Apakah itu benar? Hal ini benar karena melinjo mengandung purin.Peningkatan asam urat terjadi karena gangguan metabolisme purin dan asupan purin tinggi dari makanan secara berlebihan. Hiperurisemia terjadi karena gangguan pengeluaran asam urat oleh ginjal.

Hiperurisemia dapat disebabkan oleh faktor genetik dan dapat diturunkan. Konsumsi makanan dengan purin tinggi, konsumsi gula dan lemak berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat. Kegemukan, pengguna obat diuretik, diet penurunan berat badan, juga sering menyebabkan hiperurisemia.

Namun, apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cara pengolahannya benar tidak akan menyebabkan asam urat. Konsumsi berlebihan dan minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng emping hasil olahan melinjo tersebut yang menyebabkan kadar asam uratnya meningkat. Jadi, bukan melinjo itu sendiri yang menyebabkan asam urat, karena apabila disiapkan dalam bentuk makanan lain tanpa minyak dan tidak dikonsumsi secara berlebihan tidak akan menyebabkan peningkatan asam urat.

Daun Melinjo Perlancar Proses Persalinan
Siapa sangka ternyata daun melinjo yang sudah tu bisa dimanfaatkan selain untuk pakan ternak. Berikut adalah ramuan dari daun melinjo agar persalinan berjalan lancar :
  • Ambil beberapa lembar daun melinjo yang tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda.
  • Anda cuci hingga bersih, lalu diiris-iris seperti halnya irisan daun tembakau dengan arah irisan melintang.
  • Setelah itu jemurtah dibawah sinar matahari hingga betul-betul kering.
  • Bila akan digunakan, ambillah secukupnya dan seduhlah dengan air panas seperti halnya membuat air teh.
  • Minumlah air tersebut setiap hari 2 kali ketika usia kehamilan sudah mencapai 8 bulan lebih.

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog