Sabtu, 05 Februari 2011

CRANBERRY


Buah yang satu ini mungkin belum banyak dikenal di Indonesia. Belum banyak masyarakat yang tau tentang buah cranberry, terutama masyarakat kalangan menengah kebawah. Buah Cranberry adalah sejenis tanaman semak yang digolongkan ke dalam genus Vaccinium, dan digolongkan lagi ke dalam sub genus Oxycoccos. Buah ini mengandung kadar vitamin c yang lumayan tinggi dan anti-oksidan yang bagus untuk kesehatan, sehingga buah ini banyak dijual dalam bentuk jus atau saos buat makanan supaya menikmatinya lebih enak.

Manfaat Buah Cranberry :
  1. Vitamin C yang cukup tinggi
  2. zat kimia pelawan bakteri
  3. Antioksidan quercetin yang mampu menghambat radikal bebas, bukan hanya untuk menyelamatkan kulit saja, tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Penurunan bakteri yang signifikan pada saluran kemih. Hal ini diduga zat anti adhesive yang terkandung dalam cranberry menyebabkan bakteri sulit menempel pada dinding saluran kemih.
Kematangan Buah Cranberry :

Cara menentukan kadar kematangan buah yang dianggap buah super ini bukan hanya dengan dilihat warnanya dan dilihat ukurannya, namun dengan cara memantulkanya. Jika buah cranberry yang dipantulkan dapat memantul dengan sempurna maka buah itu mempunyai kualitas yang bagus. Namun sebaliknya, jika buah tidak dapat memantul dengan sempurna maka kualitas buah itu kurang baik.

Kandungan Buah Cranberry :
  • Buah cranberry mengandung flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin terdapat pada buah yang belum diolah. Senyawa-senyawa tersebut terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.
  • Kandungan senyawa tanin pada buah cranberry memiliki khasiat anti pembekuan darah, dan mampu mengurangi infeksi saluran kencing serta plak gigi, sekaligus dapat pula digunakan untuk mencegah radang gusi (gingivitis).

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog