Rabu, 15 September 2010

APRIKOT


Dalam bahasa Latin, buah aprikot disebut plum armenia. Menurut penelitian, ia memiliki kandungan carotenoids yang tinggi, bahkan di atas rata-rata buah yang lain. Antioksidan ini mampu membantu mencegah serangan jantung, mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, dan mengurangi resiko terkena kanker ganas. Selain itu, biji aprikot berkhasiat untuk memperkuat sistem respirasi sehingga dapat mengurangi batuk dan asma. Namun perlu diketahu bahwa ujung biji aprikot mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh sehingga wajib dihindari.

Kandungan Buah Aprikot
Buah berwarna oranye nan cantik ini kaya akan Betakaroten, Serat, dan Vitamin C. Tidak terlalu berair, tetapi daging buahnya lembut dan manis.Nutrisi dalam Aprikot dapat membantu melindungi jantung dan mata. Betakaroten yang tinggi dan Likopen didalamnya sangat penting untuk melindungi LDL agar tidak teroksidasi. Vitamin A nya berguna untuk menjaga kesehatan daya penglihatan.

Kandungan per 100g Buah Aprikot
Energi 48
Protein 1,4
Karbohidrat 11,12
Lemak Serat 0,39
Vit A (ui) 2,1926
Vit B6 (mg) 0,054
VitC (mg) 10,8
Vit E (µg) 0,89
Vit K (µg) 3,3

Khasiat & Manfaat Dari Buah Aprikot
  • Mengurangi kolesterol dan resiko terkena kanker
  • Memperkuat sistem respirasi dan mengurangi resiko penyakit batuk dan asma
  • Pereda diare dan konstipasi
  • Membantu regenerasi cairan tubuh, detoksifikasi, dan penawar dahaga
TIP DAPUR BUAH APRIKOT
Pilih aprikot yang benar-benar matang dan berkualitas baik untuk menghasilkan hidangan compote yang prima. Tandanya, kulit aprikot sudah berwarna merah atau jingga.
Agar lebih aromatik, Anda bisa menambah sedikit rhum atau minuman beralkohol lainnya, misalnya liqueur.

TIP SEHAT BUAH APRIKOT
Sebaiknya aprikot dikonsumsi beserta kulitnya. Sebab, kandungan seratnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan banyak terdapat di bagian kulit.
Sejak berabad lalu ada kebiasan pada penganti wanita bangsa Cina mengudap aprikot segar guna meningkatkan kesuburan. Hal ini tidaklah mengherankan. Sebab aprikot sarat akan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon seks.

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog