Rabu, 11 Agustus 2010

KEDONDONG


Buah yang identik dengan rujak dan manisan ini cukup mudah kita jumpai di pasar tradisional. Buah yang bijinya sering diplesetkan sebagai obat gatal-gatal di tenggorokan ini dapat tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 700 mdpl.

Kandungam per100g Buah Kedondong
tiap 100 gram bagian buah yang dapat dimakan mengandung 60-85 gram air, 0,5-0,8 gram protein, 0,3-1,8 gram lemak, 8-10,5 gram sukrosa, 0,85-3,60 gram serat. Daging buahnya merupakan sumber vitamin C dan besi, buah yang belum matang mengandung pektin sekitar 10%.

Kandungan Batang dan Daun Kedondong
Tidak hanya buah saja sebenarnya yang bisa menghasilkan manfaat. Batang dan daun kedondong mengandung ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat. Karena setelah diteliti, batang dan daun kedondong ternyata mengandung saponin, flavonoida dan tanin.
Kulit Batang Kedondong Obat Mencret
Masyarakat Indonesia dulunya, sering menggunakan kulit batang kedondong sebagai obat mencret dan obat sariawan. Caranya, ± 15 gram kulit batang segar kedondong, dicuci lalu dipotong kecil-kecil, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak pagi dan sore.
Daun Kedondong
Daun kedondong sering dimanfaatkan untuk bahan penyedap masakan pepes ikan.
Pemanfaatan Kayu Buah Kedondong
Kayunya berwarna coklat muda dan mudah mengambang, sehingga tidak dapat digunakan kayu pertukangan. Sebagai gantinya, ia digunakan untuk membuat perahu.

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog