Senin, 09 Agustus 2010

KELENGKENG


Buah yang berkulit coklat ini sangat banyak penggemarnya. Buah ini mempunyai daging buah yang sangat manis dan derwarna putih transparan, sehingga bila dikupas akan kelihatan biji buahnya. karena rasanya ini lah banyak orang yang ketagihan saat menyantapnya. Tak heran, banyak orang menyajikan buah ini sebagai hidangan pencuci mulut atau dikonsumsi sebagai cemilan saat ngobrol atau menonton televisi.

Bisa Mabuk
Lengkeng juga memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi sehingga orang bisa mabuk kalau terlalu banyak mengonsumsinya. Sebenarnya kadar alkohol ini ada jika lengkeng sudah matang. "Semua buah kalau terlalu matang dan terjadi pembusukan (fermentasi), bisa jadi alkohol," terang dr Samuel Oetoro, M.S. Sp.GK, dokter Spesialis Klinik Nutrisi. Karena kadar alkohol tersebut, buah lengkeng memiliki sifat hangat, tetapi tidak mengandung racun.

Manfaat Daging Buah
Pola daging buah ini terdapat kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, di antaranya mengedurkan saraf. Makanya, di dalam literatur disebutkan lengkeng memberikan efek penenang dan berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur, dan sulit konsentrasi.

Selain itu daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung berdebar keras. Dalam buku terapi buah disebutkan buah lengkeng juga dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan, dan menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina sehabis sakit. Buah lengkeng berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.
Manfaat Akar, Daun, dan Biji
Bagian dari tanaman lengkeng yang berkasiat bukan cuma buahnya saja. Akar dan daun lengkeng yang berasa pahit, bahkan biji yang keras pun menyimpan khasiat obat. Akar lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. Daun berkhasiat sebagai antiradang dan pereda demam. Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. Biji lengkeng ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sampo, karena mengandung senyawa saponin yang dapat menghasilkan busa dalam jumlah banyak.

Ramuan Obat Buah Kelengkeng :
Luka Bakar
Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng. Bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan minyak tung (Aleuritis fordii), bubuhkan pada bagian yang sakit.

Badan Lemah atau Berat Badan Setelah Sakit
Setiap hari, makanlah sebanyak 250g daging buah lengkeng segar.

Hilang Nafsu Makan, Limpa Lemah
Konsumsi sebanyak 60 gram daging buah lengkeng segar. Lakukan dua kali sehari, pagi dan malam hari. Cara ini dapat pula mengatasi diare.
Luka Luar yang tak Kunjung Sembuh
Ambil sedikit cangkang atau biji lengkeng yang sudah kering, bakar hingga menjadi arang. Tumbuk sampai halus. Tambahkan minyak zaitun. Dan oleskan di daerah luka.
Jari Kaki Gatal dan Bernanah
Ambil beberapa biji lengkeng. Panggang di atas api. Tumbuk sampai halus. Sebarkan di bagian yang sakit.









Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog