Selasa, 10 Agustus 2010

NANGKA


Buah nangka tentu tidak asing lagi bagi kita. Buah nangka yang muda sering kali dijadikan bahan sayur di keluarha kita. Bahkan makanan Khas daerah Jogja yang namanya gudek juga dibuat dari buah nangka muda. kalau orang jawa biasanya menyebut gori kalau yang sudah matng baru disebut nangka. Buah nangka yang sudah masak berwarna kuning dan mempunyai aroma yang khas. Bisa bimakan secara langsung atau dibuat olahan panganan lain.

Jenis Nangka

Irisan buah nangka pohon nangka berasal dari biji, mulai berbunga pada umur 2 - 8 tahun. Sedangkan yang berasal dari klon mulai berbunga sepanjang tahun. Akan tetapi di Thailand dan India panen raya terjadi antara Januari - Agustus, sementara di Malaysia antara April - Agustus atau September - Desember.

Varian Nangka
Varian nangka amat banyak jenisnya, baik dengan melihat perawakan pohon dan bagian - bagian tanamannya, rasa dan sifat - sifat buahnya, maupun sifat - sifat yang tak mudah dilihat seperti kemampuan tumbuhnya terhadap variasi - variasi lingkungan. Dari segi sifat - sifat buahnya, umum mengenal 2 kelompok besar yakni :

1. Nangka bubur (Indonesia dan Malaysia), yang disebut pula sebagai khanun lamoud (Thailand), vela (Srilangka) atau koozha chakka (India Selatan) ; dengan daging buah tipis, berserat, lunak dan membubur, rasanya asam manis, dan berbau harum tajam.
2. Nangka salak (Ind.), nangka belulang (Mal.), khanun nang (Thai), varaka (Srilanka), atau koozha pusham (India Selatan) ; dengan daging buah tebal, keras, mengeripik, rasa manis agak pahit, dan tak begitu harum.


Manfaat Tanaman
· Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran.
· Tepung biji nangka digunakan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran).
· Daun muda dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.
· Kayu nangka dianggap lebih unggul daripada jari untuk pembuatan meubel, konstruksi bangunan pembubutan, tiang kapal, untuk tiang kuda dan kandang sapi (di Priangan), dayung, perkakas, dan alat musik.
· Pohon nangka dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog