Senin, 09 Agustus 2010

MENGKUDU (PACE)


Buah mengkudu atau biasa yang disebut pace (Indonesia) terkenal dengan baunya yang kurang sedap. Wujut buahnya pun tidak menarik. Dengan totol-totol dan banyak biji kecil yang menyatu dengan buahnya. Orang biasnyanya mengolah buah mengkudu yang sudah masak dengan cara dihaluskan atau di blender kemudian disaring, bisa ditambah gula ataupun madu. Tapi dibalik penampilan mengkudu yang kurang menyenangkan siapa sangka bisa dijadikan ramuan obat yang mujarap

Resep Sehat Mengkudu
  • Buah mengkudu muda dibuat jus. Untuk menambah rasa, bisa dibubuhi sedikit madu. Ramuan ini diminum 30 menit sebelum sarapan.
Khasiat :
  1. Menbersihkan endapan lemak darah sehingga bisa menyembuhkan aterosklerosis, stroke serta mencegah serangan jantung.
  2. Dapat membatasi penyerapan dan pembentukan lemah di tubuh sehingga dapat membantu program diet.
  3. Selain itu, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan pikiran tegang, stres, gelisah dan mengurangi rasa tak nyaman.

  • Buah mengkudu matang dihaluskan kemudian dicampur dengan rimpang lempuyang parut dan beberapa sendok makan air masak. Hasil perasannya diminum.
Khasiat :
  1. Mengobati peradangan hati, peradangan ginjal dan peradangan limpa karena serangan malaria.
  2. Membantu membuang cairan empedu dan kolesterol berlebihan dan menyembuhkan radang saluran kencing yang kerap disebut anyang-anyangan.

  • Buah mengkudu matang dihaluskan, lalu dicampur dengan rimpang lengkuas parut dan beberapa sendok makan air panas. Hasil perasannya lalu diminum. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan madu atau gula.

Khasiat :
  1. Menurunkan demam karena flue dan masuk angin terutama pada anak-anak.
  2. Ramuan ini juga mengobati radang tenggorokan dan amandel.

Tidak ada komentar:


By Ernita e C�Ernita blog